Kisi-kisi
USBN PKN, TIK dan IPS
(Dipelajari
Latihan Soal yang sudah di bahas dan kisi-kisi Indikator ini )
Mapel
PKn
No
|
Indikaor
|
keterangan
|
1
|
Peserta
didik dapat mengetahui pengertian norma yang berlaku di masyarakat
Norma
agama, norma hukum, norma kesopanan, norma kesusilaan
|
|
2
|
Peserta
didik dapat menentukan peraturan-peraturan yang mengikat dalam penyelenggaraan
ketatanegaraan
|
|
3
|
Peserta
didik dapat membedakan korupsi, kolusi dan nepotisme atau KKN
|
|
4
|
Peserta
didik dapat menunjukan sikap pengamalan pancasila dan rumusan pancasila
|
|
5
|
Peserta
didik mengetahui pembentukan PPKI sebelum proklamasi kemerdekaan Indonesia, makna
proklamasi Indonesia, dan alasan penculikan ir soekarna ke rengasdengklok
|
|
6
|
Peserta
didik dapat menganalisa tujuan hukum di Indonesia dan pembagian hukum privat dan hokum
publik
|
|
7
|
Peserta
didik mengetahui pengertian ideologi Negara
|
|
8
|
Peserta
didik dapat menunjukan UU tentang HAM di Indonesia, tugas dan wewenang HAM
|
|
9
|
Peserta
didik dapat menentukan Pembelaan terhadap Negara/bela Negara serta UUDnya
|
|
10
|
Peserta
didik dapat mengetahui pengertian demokrasi yang digagas Abraham Lincoln
|
|
11
|
Peserta
didik dapat melakukan menyatakan pendapat di muka umum dan mengetahui pembatasan
menyetakan pendapat di muka umum
|
|
12
|
Peserta
didik dapat membedakan otonomi daerah dan daerah otonom serta UUD otonomi
daerah, juga dapat mengetahui yang membuat kebijakan public daerah tingkat 1
atau tingkat 2
|
|
13
|
Peserta
didik dapat membedakan tugas lembaga Legislatif, eksekutif dan yudikatif
serta mengetahui tujuan dan fungsi pemerintahan
|
|
14
|
Peserta
didik dapat mengetahui pengertian globalisasi di bidang iptek, ekonomi,
budaya, social serta ploitik luar negeri bebas aktif Indonesia
|
|
15
|
Peserta
didik dapat membedakan makna psertasi diri individu dan prestasi kelompok
|
Mapel
TIK (revisi)
No
|
Indikaor
|
keterangan
|
1
|
Peserta
didik dapat mengetahui keuntungan dari penggunaan TIK dalam bidang politik
juga dalam kehidupan sehari-hari
|
|
2
|
Peserta
didik menegtahui bapak Internet yang mengembangkan alalytic engine
|
|
3
|
Peserta
didik dapat mengetahui langkah langkah mematikan computer
|
|
4
|
Pesert
didik mengetahui istilah petemuan baris dan kolom spreadsheet
|
|
5
|
Peserta
didik mengetahui manfaat jaringan komputer
|
|
6
|
Peserta
didik mengetahui macam-macam software aplikasi office beserta fungsinya
|
|
7
|
Peserta
didik dapat mengetahui layanan internet
|
|
8
|
Peserta
didik dapat menggambarkan topologi
jaringan dalam LAN (Star, Mesh, Bus, Ring)
|
|
9
|
Peserta
didik dapat mengetahui macam-macam dampak positif dan negative dalam
penggunaan internet
|
|
10
|
Peserta
didik mengetahui istilah baris kolom dalam speedsheet
|
|
11
|
Peserta
didik mengetahui sejarah peruntukan internet pada awal perkembangan
|
|
12
|
Peserta
didik mengetahui jenis jenis jaringan dari yang terbesar sampai yang terkecil
dan cara kerjanya
|
|
13
|
Peserta
didik engetahui pengertian bandwidth dalam kecepatan akses internet
|
|
14
|
Peserta
didik dapat membedakan jenis jaringan berdasarkan media transmisinya, jaringan
wire line
|
|
15
|
Peserta
didik mengethaui .sch.id adalah nama domain suatu lembaga pendidikan
|
|
16
|
Peserta
didik dapat mengetahu pengertian download
|
Mapel IPS
No
|
Indikaor
|
keterangan
|
1
|
Peserta
didik mengetahui factor iklim yang dapat mempengaruhi aktivitas penduduk
|
|
2
|
Peserta
didik mengetahui dampak bencana dan migitasi bencana
|
|
3
|
Peserta
didik dapat menjelaskan lapisan atmosfer
|
|
4
|
Peserta
didik dapat mengetahui fungsi peta
|
|
5
|
Peserta
didik dapat mengambil manfaat dari dampak positif dan negative dari letusan
gunung merapi
|
|
6
|
Peserta
didik dapat mengetahui proses terjadinya cuaca dan lapisan yang mengandung
Ozona tau O3
|
|
7
|
Peserta
didik mengetahui proses social dan interaksi social dalam kehidupan
dimasyarakat juga perbedaan social asosiatif dan sosial desosiatif serta
bagian-bagiannya (social akomodasi, kontravensi, kompetensi dan komplik)
|
|
8
|
Peserta
didik dapat menjelaskan konflik social (kompromi, arbitrasi, mediasi,
konsiliasi, koersi dan ajudikasi)
|
|
9
|
Peserta
didik dapat menegtahui ciri masyarakat modern
|
|
10
|
Peserta
didik mengetahui candi brobudur sebagai peninggalan masa kerajaan (sejarah
mataram kuno)
|
|
11
|
Peserta
didik mengetahui perbedaan pendapat Antara golongan tua dan golongan muda
atas penculikan ir soekarno ke rengasdengklok
|
|
12
|
Peserta
didik mengetahui sejarah kerajaan majapahit
|
|
13
|
Peserta
didik dapat mengetahui situasi kehidupan social ekonomi pada era reformasi
|
|
14
|
Peserta
didik dapat mengetahui strategi dagang yang dilakukan VOC pada masa belanda
|
|
15
|
Peserta
didik dapat mengetahui ciri-ciri zaman batu tua (paleolithikum) dan zaman
batu muda (neolitikum)
|
|
16
|
Peserta
didik dapat mengetahui kondisi politik pada masa awal kemerdekaan Indoensia
|
|
17
|
Peserta
didik dapat mentehaui pengaruh kemenangan jepang atas rusia tahun 1905
terhadap bangkitnya nasionalisme di indonesia
|
|
18
|
Peserta
didik dapat menjelaskan pusat pesebaran agama islam di indonesia
|
|
19
|
Peserta
didik dapat mengetahui makna sumpah pemuda
|
|
20
|
Peserta
didik dapat mengetahui koperasi
|
|
21
|
Peserta
didik dapat mengetahui keterkaitan pariwisata dan ekonomi kreatif
|
|
22
|
Peserta
didik dapat mengetahui lembaga keuangan yang menetapkan moneter dan mengawasi
bank
|
|
23
|
Peserta
didik dapat menghitung pajak bumi dan bangunan
|
|
24
|
Peserta
didik dapat mengetahui ciri-ciri pasar monopoli
|
|
25
|
Peserta
didik dapat mengetahui dampak positif dan negative dalam perdagangan bebas
terhadap perekonomian
|
|
26
|
Peserta
didik dapat membedakan Antara bank umum dan lembaga asuransi
|
|
27
|
Peserta
didik dapat memberikan contoh ciri-ciri Negara maju dan Negara berkembang
|
|
28
|
Peserta
didik mengetahui makna bonus demografi
|
|
29
|
Peserta
didik mengetahui makna politik etis
|
|
30
|
Peserta
didik dapat mengetahui sejarah bangkitnya nasionalisme di indonesia
|
Guru Mapel
Ilyas Abdullah, M.Pd
Jangan lupa ya di pelajari
BalasHapus