"Berilmu dulu sebelum berkata
dan bertindak"

Jumat, 06 April 2018

KISI KISI USBN PKn, TIK dan IPS Tahun 2018



Kisi-kisi USBN PKN, TIK dan IPS
Berdasarkan Indikator
(Dipelajari Latihan Soal yang sudah di bahas dan kisi-kisi Indikator ini )
Mapel PKn
No
Indikaor
keterangan
1
Peserta didik dapat mengetahui pengertian norma yang berlaku di masyarakat
Norma agama, norma hukum, norma kesopanan, norma kesusilaan

2
Peserta didik dapat menentukan peraturan-peraturan yang mengikat dalam penyelenggaraan ketatanegaraan

3
Peserta didik dapat membedakan korupsi, kolusi dan nepotisme atau KKN

4
Peserta didik dapat menunjukan sikap pengamalan pancasila dan rumusan pancasila

5
Peserta didik mengetahui pembentukan PPKI sebelum proklamasi kemerdekaan Indonesia, makna proklamasi Indonesia, dan alasan penculikan ir soekarna ke rengasdengklok

6
Peserta didik dapat menganalisa tujuan hukum di Indonesia dan pembagian hukum privat dan hokum publik

7
Peserta didik mengetahui pengertian ideologi Negara

8
Peserta didik dapat menunjukan UU tentang HAM di Indonesia, tugas dan wewenang HAM

9
Peserta didik dapat menentukan Pembelaan terhadap Negara/bela Negara serta UUDnya

10
Peserta didik dapat mengetahui pengertian demokrasi yang digagas Abraham Lincoln

11
Peserta didik dapat melakukan menyatakan pendapat di muka umum dan mengetahui pembatasan menyetakan pendapat di muka umum

12
Peserta didik dapat membedakan otonomi daerah dan daerah otonom serta UUD otonomi daerah, juga dapat mengetahui yang membuat kebijakan public daerah tingkat 1 atau tingkat 2

13
Peserta didik dapat membedakan tugas lembaga Legislatif, eksekutif dan yudikatif serta mengetahui tujuan dan fungsi pemerintahan

14
Peserta didik dapat mengetahui pengertian globalisasi di bidang iptek, ekonomi, budaya, social serta ploitik luar negeri bebas aktif Indonesia

15
Peserta didik dapat membedakan makna psertasi diri individu dan prestasi kelompok


Mapel TIK (revisi)
No
Indikaor
keterangan
1
Peserta didik dapat mengetahui keuntungan dari penggunaan TIK dalam bidang politik juga dalam kehidupan sehari-hari

2
Peserta didik menegtahui bapak Internet yang mengembangkan alalytic engine

3
Peserta didik dapat mengetahui langkah langkah mematikan computer

4
Pesert didik mengetahui istilah petemuan baris dan kolom spreadsheet

5
Peserta didik mengetahui manfaat jaringan komputer

6
Peserta didik mengetahui macam-macam software aplikasi office beserta fungsinya

7
Peserta didik dapat mengetahui layanan internet

8
Peserta didik dapat menggambarkan topologi  jaringan dalam LAN (Star, Mesh, Bus, Ring)

9
Peserta didik dapat mengetahui macam-macam dampak positif dan negative dalam penggunaan internet

10
Peserta didik mengetahui istilah baris kolom dalam speedsheet

11
Peserta didik mengetahui sejarah peruntukan internet pada awal perkembangan

12
Peserta didik mengetahui jenis jenis jaringan dari yang terbesar sampai yang terkecil dan cara kerjanya

13
Peserta didik engetahui pengertian bandwidth dalam kecepatan akses internet

14
Peserta didik dapat membedakan jenis jaringan berdasarkan media transmisinya, jaringan wire line

15
Peserta didik mengethaui .sch.id adalah nama domain suatu lembaga pendidikan

16
Peserta didik dapat mengetahu pengertian download



Mapel IPS
No
Indikaor
keterangan
1
Peserta didik mengetahui factor iklim yang dapat mempengaruhi aktivitas penduduk

2
Peserta didik mengetahui dampak bencana dan migitasi bencana

3
Peserta didik dapat menjelaskan lapisan atmosfer

4
Peserta didik dapat mengetahui fungsi peta

5
Peserta didik dapat mengambil manfaat dari dampak positif dan negative dari letusan gunung merapi

6
Peserta didik dapat mengetahui proses terjadinya cuaca dan lapisan yang mengandung Ozona tau O3

7
Peserta didik mengetahui proses social dan interaksi social dalam kehidupan dimasyarakat juga perbedaan social asosiatif dan sosial desosiatif serta bagian-bagiannya (social akomodasi, kontravensi, kompetensi dan komplik)

8
Peserta didik dapat menjelaskan konflik social (kompromi, arbitrasi, mediasi, konsiliasi, koersi dan ajudikasi)

9
Peserta didik dapat menegtahui ciri masyarakat modern

10
Peserta didik mengetahui candi brobudur sebagai peninggalan masa kerajaan (sejarah mataram kuno)

11
Peserta didik mengetahui perbedaan pendapat Antara golongan tua dan golongan muda atas penculikan ir soekarno ke rengasdengklok

12
Peserta didik mengetahui sejarah kerajaan majapahit

13
Peserta didik dapat mengetahui situasi kehidupan social ekonomi pada era reformasi

14
Peserta didik dapat mengetahui strategi dagang yang dilakukan VOC pada masa belanda

15
Peserta didik dapat mengetahui ciri-ciri zaman batu tua (paleolithikum) dan zaman batu muda (neolitikum)

16
Peserta didik dapat mengetahui kondisi politik pada masa awal kemerdekaan Indoensia

17
Peserta didik dapat mentehaui pengaruh kemenangan jepang atas rusia tahun 1905 terhadap bangkitnya nasionalisme di indonesia

18
Peserta didik dapat menjelaskan pusat pesebaran agama islam di indonesia

19
Peserta didik dapat mengetahui makna sumpah pemuda

20
Peserta didik dapat mengetahui koperasi

21
Peserta didik dapat mengetahui keterkaitan pariwisata dan ekonomi kreatif

22
Peserta didik dapat mengetahui lembaga keuangan yang menetapkan moneter dan mengawasi bank

23
Peserta didik dapat menghitung pajak bumi dan bangunan

24
Peserta didik dapat mengetahui ciri-ciri pasar monopoli

25
Peserta didik dapat mengetahui dampak positif dan negative dalam perdagangan bebas terhadap perekonomian

26
Peserta didik dapat membedakan Antara bank umum dan lembaga asuransi

27
Peserta didik dapat memberikan contoh ciri-ciri Negara maju dan Negara berkembang

28
Peserta didik mengetahui makna bonus demografi

29
Peserta didik mengetahui makna politik etis

30
Peserta didik dapat mengetahui sejarah bangkitnya nasionalisme di indonesia

Sukabumi, 6 April 2018
Guru Mapel

Ilyas Abdullah, M.Pd

1 komentar:

Buku Tamu